ADMIN

Thursday, January 11, 2018

PISANG EPE KULINER KHAS MAKASSAR

Pisang Epe Kuliner Khas Makassar

Pisang epe, merupakan salah satu kuliner khas makassar, jika anda berkumjumg ke kota daeng (Makassar) belum lengkap rasanya kalau anda belum menyempatkan waktu untuk mencicipi kuliner khas ini.


nama pisang Epe di ambil dari bahasa makassar sendiri yaitu ''epe'' (jepit), karena dalam pembuatan pisang epe harus dijepit.

dalam pembuatan pisang epe ini sangatlah muda, bahan dasarnya hanya memakai pisang ambon yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu matang (lembek).

cara pembuatantannya yang sangat unik dan nama kulinernyanya yang sedikit lucu membuat para pengunjung merasa penasarandan tidak sabaran untuk mencicipinya.

cara pembuatan pisang epe tidaklah sesulit seperti yang kita bayangkan, kita bisa melihat langsung cara penyajiannya di sekitar pantai losari makassar. hanya menggunakan sebuah jepitan (epe) atau dalam bahasa makassar sendiri ''panggepena unti'' (penjepit pisang) setelah pisang dijepit dan menjadi gepeng, barulah kemudian dipanggang di atas bara api, mungkin yang baru melihat merasa heran dengan cara ini karena pada dasarnya pising itu di goreng atau di rebus, tapi beda halnya dengan kuliner khas makassar ini harus di panggang dengan bara api.

ketika selesai pemanggangan disiram dengan gula merah yang sudah di cairkan. namun semakin berkembang variasi saos pun mulai di kembangkan kita bisa mendapati ada yang memakai saos durian, keju, dan coklat. tergantung minat pelanggan maunya rasa apa.

oke, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya, saya juga mendoakan semoga nanti anda yang belum sempat mencicipi kuliner khas makassar ini bisa secepatnya mencicipinya.

Salam Jelajahi Sulawesi Tanpa Batas